Show simple item record

dc.contributor.authorWardatul Munawwaroh
dc.contributor.authorSri Handayani
dc.contributor.authorSumardi
dc.date.accessioned2015-09-25T08:07:29Z
dc.date.available2015-09-25T08:07:29Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63595
dc.description.abstractSumber pembelajaran sejarah dapat menggunakan bahan ajar yang didalamnya mengandung sejarah lokal. Sejarah lokal memiliki arti penting dalam sejarah nasional. Kajian sejarah nasional tidak akan berfungsi jika tidak didukung oleh sejarah lokal. Kumpulan sejarah lokal bukanlah sejarah nasional, melainkan sebagai pendukung dan penyempurna sejarah nasional yang ruang lingkup kajiannya lebih luas. Sejarah lokal dan sejarah nasional sangat penting untuk disampaikan kepada peserta didik melalui pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah; (1) materi sejarah dianggap sebuah cerita oleh peserta didik membuat peserta didik kurang berminat terhadap pembelajaran sejarah sehingga dibutuhkan bahan ajar untuk menarik minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah; (2) bahan ajar yang digunakan peserta didik sebagai sumber dan media pembelajaran yang bersifat lokal masih sangat sedikit karena kebanyakan bahan ajar yang digunakan bersifat nasional; (3) Minimnya pendanaan dan waktu yang lama dalam pembuatan bahan ajar, membuat pendidik merasa berat untuk membuat bahan ajar; (4) belum ada bahan ajar yang sesuai dengan keadaan sosio kultural peserta didik dan membangun karakter peserta didik sehingga kompetensi yang diharapkan belum dicapai oleh peserta didik. Pemecahan masalah dari beberapa permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang disesuaikan dengan keadaan sosio kultural peserta didik agar mampu memperoleh nilai-nilai karakter yang ada melalui kehidupan prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Tujuan penelitian adalah; Menghasilkan bahan ajar mata pelajaran sejarah di SMA melalui pengembangan bahan ajar kehidupan prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Kesimpulan dari penelitian ini ialah, pengembangan bahan ajar Kehidupan Prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember telah dilaksanakan mulai uji coba ahli, pengguna, dan hingga tahap uji coba Pembelajaran Sejarah.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpengembangan bahan ajar kehidupan prasejarah Kecamatan Arjasa Kabupaten Jemberen_US
dc.titlePEMBUKAAN NEGARA JEPANG OLEH BANGSA BARATen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record