• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI POS PAUD CATLEYA 62 KABUPATEN JEMBER TAHUN 2015

    Thumbnail
    View/Open
    FITRIYAH NINGRUM.pdf (246.2Kb)
    Date
    2015
    Author
    Fitriyah Ningrum
    AT.Hendrawijaya
    Deditiani Tri Indrianti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk menciptakan interaktif edukatif yang diarahkan pada perkembangan optimal seluruh potensi yang dimiliki anak usia dini melalui berbagai pemberian rangsangan dari orang dewasa dan atau lingkungan sekitar. Dalam pembelajaran diharapkan anak dapat memiliki keseimbangan akademik, sosial emosional (termasuk kemampuan interpersonal dan kemampuan intrapersonal) dan aspek fisikyang mampu mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, baik perkembangan agama dan moral, motorik, bahasa, kognitif, sosial emosional, dan seni dengan pemilihan dan penyusunan model dan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sarana belajar yang tersedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Hubungan Antara Model Pembelajaran Sentra dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 – 5 Tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara model pembelajaran sentra dengan perkembangan kognitif anak usia 4 – 5 tahun di Pos PAUD Catleya 62 Kabupaten Jember. Manfaat dari penelitian mengembangkan model-model pembelajaran khususnya model pembelajaran sentra. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Analisis data menggunakan korelasi tata jenjang.Hasil yang di dapat dalam penelitian ini diperoleh r hitung sebesar 0,969 nilai tersebut lebih besar dari r tabel yakni sebesar 0,544 untuk N=13 dengan taraf kepercayaan 95% sebesar 0,910. Oleh karena itu hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah signifikan, dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Saran bagi lembaga Pos PAUD Catleya 62 hendaknya dapat menambah tenaga profesional dan media pemebelajaran sentra.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63588
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository