dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII-H SMP Negeri 7 Jember berdasarkan tingkatan pada taksonomi SOLO pada sub pokok bahasan balok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah empat siswa kelas VIII-H yang telah dikategorikan dalam tingkatan menurut taksonomi SOLO yaitu unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak yang diperluas. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Data yang dianalisis pada penelitian ini antara lain lembar jawaban tes pemecahan masalah siswa dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tes pemecahan masalah, siswa yang mencapai tingkat unistruktural hanya mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkatan unistruktural yaitu menggunakan informasi yang tersedia dalam soal untuk mendapatkan solusi penyelesaian. Siswa yang mencapai tingkat multistruktural mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkatan unistruktural dan multistruktural yaitu menggunakan dua informasi atau lebih untuk mendapatkan solusi penyelesaian dan menentukan rumus implisit untuk menyelesaikan permasalahan. Siswa yang mencapai tingkat relasional mampu memenuhi indikator yang terdapat pada tingkat unistruktural, multistruktural, dan relasional yaitu menentukan ekstra informasi dalam permasalahan yang dapat digunakan untuk menentukan penyelesaian akhir. Siswa yang mencapai tingkat abstrak yang diperluas dapat memenuhi indikator keempat tingkatan yaitu unistruktural, multistruktural, relasional dan abstrak yang diperluas yaitu menggunakan prinsip umum yang abstrak dari soal untuk mendapat informasi baru dan membangun hipotesis yang diturunkan dari informasi pada soal untuk menemukan penyelesaian akhir. | en_US |