Show simple item record

dc.contributor.authorFerina Widya Wiyanti
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorDinawati Trapsilasiwi
dc.date.accessioned2015-09-25T06:55:41Z
dc.date.available2015-09-25T06:55:41Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63581
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan memperoleh hasil pengembangan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) yang mengacu pada metode pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas oleh validator, analisis kevalidan butir soal, uji daya beda, uji taraf kesukaran, dan uji reliabilitas paket tes. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, diperoleh interpretasi validitas sangat tinggi, dengan koefisien validitas sebesar 0,867. Analisis kevalidan butir soal pada uji coba pertama, yaitu pada dua orang siswa (one to one) diperoleh 11 soal dengan intrepretasi validitas sangat tinggi dan 1 soal dengan interpretasi validitas tidak valid. Pada uji coba kedua, yaitu pada 32 orang siswa (large class) diperoleh 1 butir soal dengan interpretasi validitas sangat tinggi, 3 butir soal dengan validitas tinggi, 5 butir soal validitas sedang, dan 3 butir soal dengan validitas rendah. Pada uji daya beda, dalam uji coba pertama diperoleh 9 butir soal dengan daya beda baik dan 3 butir soal dengan daya beda jelek. Dalam uji coba kedua diperoleh 4 butir soal dengan daya beda cukup dan 8 butir soal dengan daya beda jelek. Pada uji taraf kesukaran, uji coba pertama dan kedua diperoleh 75% soal dengan kategori sukar dan 25% dengan kategori sedang. Pada uji reliabilitas paket tes, dalam kedua uji coba diperoleh interpretasi validitas sangat tinggi dengan hasil koefisien reliabilitas berturut-turut sebesar 0,981 dan 0,828. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan paket tes matematika kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika pada siswa SMP telah memenuhi persyaratan tes yang baik.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkemampuan berpikir tingkat tinggien_US
dc.subjectmatematika SMPen_US
dc.subjectmodel 4D Thiagarajanen_US
dc.subjecttesen_US
dc.titlePengembangan Tes Matematika Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record