dc.description.abstract | Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Giuided Inquiry dengan metode Pictorial Riddle. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle pada pelajaran biologi siswa kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan metode tes. Desain penelitian ini menggunakan model siklus Kemmis & McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar Biologi. Rata- rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 52,48, siklus 1 sebesar 64,8 dan siklus 2 sebesar 76,48. Peningkatan aktivitas siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 24%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 8,82%, meningkat menjadi 52,94% pada siklus 1, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus 2 meningkat menjadi 85,29%. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus ke siklus 2 sebesar 76,47%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus 1 sebesar 78,82 meningkat menjadi 83,9 pada siklus 2. Rata-rata aspek psikomotorik semakin meningkat juga dengan persentase 82,17% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,11% pada siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa Guided Inquiry dengan metode Pictorial Riddle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |