Show simple item record

dc.contributor.authorEllinda Eka Wahyuni
dc.contributor.authorSutarto
dc.contributor.authorI Ketut Mahardika
dc.date.accessioned2015-09-23T00:36:56Z
dc.date.available2015-09-23T00:36:56Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63555
dc.description.abstractAbstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar fisika menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai media audiovisual di MAN 1 Jember, dan (2) Mengkaji perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) disertai media audiovisual dengan pembelajaran yang biasa digunakan guru di MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember yaitu kelas MIA 1 dan MIA 2.  Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian  menggunakan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode analisis data untuk menjawab rumusan masalah kedua menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 19. Berdasarkan hasil analisis dengan Independent-Sample T-test, diperoleh nilai p-value adalah 0.014 artinya rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen dan rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model ROPES disertai media audiovisual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika di MAN 1 Jember. Rata-rata dari hasil belajar dari penelitian ini adalah 77,43 untuk kelas eksperimen dan 73,03 untuk kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran menggunakan model ROPES disertai media audiovisual berada dalam kategori sangat aktif karena memiliki persentase rata-rata sebesar 92.85 %.  Berdasar analisis yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran ROPES disertai media audiovisual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dalam pembelajaran fisika di MAN 1 Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel ropesen_US
dc.subjectmedia audiovisualen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.titleModel Pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) Disertai Media Audiovisual Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di MAN 1 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record