dc.description.abstract | Media pembelajaran adalah salah satu faktor untuk mempengaruhi hasil belajar peserta didik dan akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran akan menjadi aktif dan menyenangkan, peserta didik akan lebih mudah memahami pembelajaran karena disajikan dalam bentuk yang menarik dengan menggunakan video pembelajaran . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas 5 dalam pembelajaran PKn pokok bahasan keputusan bersama di SD Negeri Sabrang 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa SDN Sabrang 03 Jember yang berjumlah 46 siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain pretes-posttest control group design. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes, namun data yang dianalis yaitu tes. Skor tes siswa berupa selisih nilai rata-rata pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen 1942,4 dan kelas kontrol sebesar 1749,1 yang kemudian dianalisis dengan rumus uji-t menggunakan program SPSS versi 14.00 sehingga di peroleh thitung sebesar 3,700 dengan dengan keefektian relatif besar yaitu 36%. hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel (3,700 > 2,015) sehingga dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas 5 dalam pembelajaran Pkn pokok bahasan keputusan bersama di SDN Sabrang 03 Jember. | en_US |