Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Titi Nengapti
dc.contributor.authorSuhartiningsih
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2015-09-18T02:16:32Z
dc.date.available2015-09-18T02:16:32Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63521
dc.description.abstractAbstrak Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jember Lor 05 dengan tujuan untuk memperbaiki ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, ketidaktepatan penulisan kata, ketidaktepatan penggunaan kalimat, dan faktor ketidaktepatan bahasa Indonesia dalam soal Ujian Akhir Semester SD pada mata pelajaran Bahasa Indonesia agar kesalahan yang sama dapat dihindari. Kesalahan-kesalahan tersebut perlu dilakukan analisis untuk mengetahui bentuk kesalahan sehingga dapat dilakukan koreksi untuk memperbaiki penulisan soal berikutnya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif analisis kesalahan. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah bentuk soal pilihan ganda dan isian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diindikasikan salah dalam soal Ujian Akhir Semester I Bahasa Indonesia SD Kelas III tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode wawancara. Metode analisis dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analasis data ketidaktepatan penggunaan bahasa Indonesia pada soal ujian akhir semester I Bahasa Indonesia kelas III SDN Jember Lor 05 tahun pelajaran 2014/2015, dapat disimpulkan bahwa masih terdapat (1) ketidaktepatan penggunaan ejaan dan tanda baca, bentuk kesalahan yang tampak adalah ketidaktepatan penulisan huruf kapital dan ketidaktepatan penulisan huruf kecil, (2) ketidaktepatan penulisan kata, meliputi ketidaktepatan penulisan kata baku, ketidaktepatan makna kata dan kata depan dan awalan , (3) ketidaktepatan penggunaan kalimat, meliputi ketidaklogisan, kevariasian, kesejajaran dan ketidakhematan pada kalimat soal , dan (4) faktor penyebab ketidaktepatan bahasa Indonesia disebabkan oleh 2 faktor, yakni faktor kesalahan dan faktor kekeliruan.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectketidaktepatanen_US
dc.subjectpenggunaan bahasa Indonesiaen_US
dc.titleKETIDAKTEPATAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record