Show simple item record

dc.contributor.authorArif Priyanto
dc.contributor.authorSuharto
dc.contributor.authorDinawati Trapsilasiwi
dc.date.accessioned2015-09-18T01:23:17Z
dc.date.available2015-09-18T01:23:17Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63514
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita matematika pokok bahasan Teorema Pythagoras menggunakan kategori kesalahan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Pengambilan subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember tahun ajaran 2014/2015. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan (1) kesalahan membaca soal sebesar 43%, berupa kesalahan menuliskan kata kunci dan tidak dapat mengilustrasikan gambar dengan tepat, (2) kesalahan memahami soal sebesar 46%, dengan tidak menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan (3) kesalahan transformasi soal sebesar 49%, berupa kesalahan penggunaan rumus (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 55%, berupa kesalahan dalam perhitungan dan (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 61%, berupa kesalahan penulisan kesimpulan soal.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectSiswaen_US
dc.subjectAnalisis kesalahanen_US
dc.subjectSoal cerita matematikaen_US
dc.subjectkategori kesalahan Newmanen_US
dc.titleAnalisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record