• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING MENGGUNAKAN EDMODO

    Thumbnail
    View/Open
    ANIK WAHYUNINGSIH.pdf (308.2Kb)
    Date
    2015
    Author
    Anik Wahyuningsih
    Sri Kantun
    Titin Kartini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pembelajaran yang baik yaitu mengikuti perkembangan TI, namun di MAN 1 Jember penggunaan media pembelajaran berbasis TI masih sederhana yaitu powerpoint yang belum menarik, belum efisien, dan belum efektif. Sehingga diperlukan perbaikan terhadap media pembelajaran agar lebih menarik, lebih efisien dan lebih efektif pada materi sistem moneter untuk siswa kelas X IPS di MAN 1 Jember. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Four-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dan dikembangkan oleh S. Thiagarajan et,al. Setelah media divalidasi oleh para ahli isi/materi dan desain, kemudian media diujicobakan sebanyak dua kali (terbatas dan luas). Uji coba terbatas dilakukan pada 10 siswa kelas gabungan dari kelas X IPS 1 dan X IPS 4 serta uji coba luas dilakukan pada seluruh siswa kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang meliputi uji kemenarikan media, uji efisiensi media, serta uji efektifitas media. Pada uji coba terbatas media yang dikembangkan menarik dengan skor (81,00%), sedangkan pada uji coba lebih luas media yang dikembangkan sangat menarik dengan skor (91,07%). Pada uji coba terbatas media yang dikembangkan menunjukkan efisien dengan alokasi yang digunakan 3x45 menit, sedangkan pada uji coba lebih luas menunjukkan sangat efisien dengan alokasi yang digunakan 2x45 menit. Pada uji coba terbatas hasil uji beda menunjukkan efektif dibuktikan dengan thitung = 4.753 ≥ ttabel,05;9 = 2,262, sedangkan pada uji coba lebih luas menunjukkan sangat efektif dibuktikan dengan thitung = 13.377 ≥ ttabel,05;29 = 2,045. Selain itu peneliti menyarankan agar media yang dikembangkan dapat digunakan di sekolah menengah lainnya. Apabila dikehendaki adanya penyebaran, sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu dengan sekolah-sekolah terkait.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63494
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository