dc.description.abstract | Kompetensi dasar dalam menulis teks negosiasi adalah siswa harus memahami struktur dan kaidah teks negosiasi, khususnya penulisan kalimat efektif dan persuasif. Namun, kenyataannya penulisan kalimat efektif dan pesuasif siswa masih kurang. Metode pembelajaran bermain peran (role playing) dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SOS 1.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran bermain peran (role playing) dan peningkatan hasil belajar siswa kelas X SOS 1 dalam menulis teks negosiasi setelah diterapkannya metode pembelajaran bermain peran (role playing). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas X SOS 1 SMA Negeri 4 Jember. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tejadi peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya metode pembelajaran bermain peran (role playing). Hal tersebut dapat dilihat dari prosentase siswa yang mencapai ketuntasan sekolah meningkat dari 72,5% di siklus I menjadi 90% di siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa siswa sudah mampu menulis kalimat efektif dan persuasif dalam teks negosiasi. | en_US |