• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK

    Thumbnail
    View/Open
    MEITY PRISKILA.pdf (314.7Kb)
    Date
    2014
    Author
    Meity Priskila, Priskila
    Sumarno
    Nurul Umamah, Umamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tuntutan pembelajaran sejarah menurut kurikulum 2013 menuntut peserta didik mampu berpikir historis. Hal inilah yang menjadi dasar kemampuan berpikir logis, kreatif, inspiratif, dan inovatif agar peserta didik dapat memaknai peristiwa sejarah yang dipelajari. Fakta yang terjadi di lapangan menunjukkan peserta didik cenderung pasif dan kreativitasnya kurang terasah dengan optimal saat pembelajaran sejarah berlangsung. Hal ini disebabkan kurangnya variasi dalam memilih metode pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dapat dipecahkan dengan merubah metode pembelajaran pendidik dengan menggunakan metode Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah menggunakan metode Project Based Learning pada peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowoso. Pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan April sampai bulan Mei 2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowoso dengan jumlah 33 peserta didik. Indikator yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian kreativitas belajar peserta didik secara klasikal pada siklus 1 memperoleh sebesar 56,36% dengan kategori kurang kreatif, pada siklus 2 meningkat 19,35% menjadi 67,27% dengan kategori cukup kreatif dan pada siklus 3 meningkat 11,93% menjadi 75,30% dengan kategori kreatif. Pada siklus 1 hasil belajar kognitif memperoleh persentase 66,67%, pada siklus 2 meningkat 13,63% menjadi 75,75%, pada siklus 3 meningkat 8% menjadi 81,81%. Hasil belajar psikomotor pada siklus 1 sebesar 59,34%, pada siklus 2 meningkat 17,86% menjadi 69,94%, dan pada siklus 3 meningkat 10,12% menjadi 77,02%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Project Based Learning  dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah pada peserta didik kelas X3 SMAN 1 Bondowoso
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63441
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository