Hubungan Antara Penggunaan E-Learning Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Pada Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi
View/ Open
Date
2014Author
Ahmad Hisyam, Hisyam
A.T. Hendrawijaya
Deditiani Tri Indrianti, Indrianti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini membahas hubungan penggunaan e-learning dengan prestasi akademik pada mahasiswa pendidikan luar sekolah pada mata kuliah pengantar teknologi informasi kelas C di FKIP Universitas Jember semester genap tahun 2014. Penelitian dilatarbelakangi pemanfaatan perkembangan teknologi informasi. E-learning memberikan wahana baru pada model pembelajaran yang dapat menciptakan semangat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan e-learning dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan luar sekolah pada mata kuliah pengantar teknologi informasi kelas C semester genap tahun 2014. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, penentuan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive area. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Penentuan responden menggunakan teknik populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang sangat erat antara penggunaan e-learning dengan prestasi akademik yaitu 97,8%. Peneliti menyimpulkan ada hubungan antara penggunaan e-learning dengan prestasi akademik terhitung sangat tinggi. Penerapan penggunaan e-learning pada mahasiswa memeberikan peningkatan prestasi akademik. Kesimpulan dari penelitian adalah terdapat hubungan yang sangat erat antara penggunaan e-learning dengan prestasi akademik mahasiswa pendidikan luar sekolah pada matakuliah pengantar teknologi informasi kelas C semester genap tahun 2014. Disarankan dalam proses belajar mahasiswa menggunakan e-learning untuk peningkatan hasil belajarnya.
Collections
- SRA-Education [1352]