| dc.description.abstract | Penelitian  ini  dilaksanakan  di  SDN  Bulang  II  probolinggo  dengan  tujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar
keterampilan menulis puisi melalui pemanfaatan media alam sekitar. Permasalahan yang menjadi latar belakang
diadakannya penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan pengalaman siswa dalam membat puisi terutama
dalam pemilihan kata, serta menentukan ide untuk dijadikan suatu karya sastra puisi sehingga hasil belajar siswa
tergolong masih kurang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri
dari 23 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan pemanfaatan alam sekitar sebagai media pembelajaran berlangsung
sebanyak  dua  siklus,  satu  siklus  terdiri  dari  dua  pertemuan.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Skor hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 58,35 dan skor hasil belajar siswa
siklus 2 sebesar 70,9 sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 12,55. Berdasarkan
penjelasan  diatas  dapat  disimpulkan  bahwa  pemanfaatan  alam  sekitar  sebagai  media  pembelajaran  dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Bulang II Probolinggo. | en_US |