dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lojejer 05 wuluhan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan pendekatan matematika realistik. Hal ini dikarenakan siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, salah satu penyebabnya siswa dalam pembelajaran hanya mencatat materi yang diberikan oleh guru dan mengerjakan soal dengan cara yang dicontohkan oleh guru sehingga siswa tidak bisa mengeluarkan idenya dan siswa menjadi bosan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian terdiri atas 32 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dengan menerapkan pendekatan matematika realistik ini sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa sebesar 67,3%, mengalami peningkatan sebesar 16,9% menjadi 84,2%. Hasil belajar siswa pada siklus I skor rata-rata klasikal sebesar 73 meningkat 6,6 menjadi 79,6 pada siklus II. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. | en_US |