dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN 01 Kaligondo Genteng Banyuwangi dengan tujuan untuk menerapkan teori
belajar Bruner dan metode discoveryagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran
Matematika materi segitiga dan segiempat di SDN 01 Kaligondo Genteng Banyuwangi. Hal ini dikarenakan aktivtas
belajar siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa rendah pada mata pelajaran Matematika. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus selama 3 kali pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah 28 siswa.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumen dan tes. Analisis data pada penelitian
ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas belajar siswa siklus
I 66,57% (kategori aktif), mengalami peningkatan 13,62% pada siklus II menjadi 80,58% (kategori sangat aktif). Hasil
belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 61,57 (kategori cukup) dan pada siklus II sebesar 74,52
(kategori baik). | en_US |