dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV A SDN Semboro 04 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pengumuman melalui penerapan teknik peer correction. Hal ini dikarenakan kemampuan menulis siswa kelas IV A masih rendah, yang salah satunya disebabkan karena kurang bervariasinya teknik pembelajaran yang diterapkan guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A dengan jumlah 32 siswa.. Berdasarkan hasil penelitian, ketuntasan belajar dari tahap pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 15,6%, sedangkan dari tahap siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 24,2%. Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik peer correction dapat meningkatkan keterampilan menulis pengumuman pada siswa kelas IV A SDN Semboro 04 Jember. | en_US |