PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PEMBERIAN MOTIVASI KEPALA SEKOLAH
View/
Date
2014Author
Iin Qomariyah, Qomariyah
Sri Wahyuni
Retna Ngesti, Ngesti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Kepala
Sekolah di MAN 2 Jember, untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan dari gaya kepemimpinan
dan pemberian motivasi Kepala Sekolah terhadap semangat kerja guru di MAN 2 Jember, dan untuk
mengetahui pengaruh yang dominan dari variabel gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala
sekolah  terhadap  peningkatan  semangat  kerja  guru  di  MAN  2  Jember.  Metode  penentuan  lokasi
penelitian  menggunakan  metode  purposive  area yaitu  pada  MAN  2  Jember.  Penentuan  jumlah
responden  dalam  penelitian  ini  menggunakan  metode  populasi,  yaitu  sebanyak  58  guru.  Metode
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: wawancara, angket, observasi, dan dokumen.
Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan
analisis analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji t. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah MAN 2 Jember adalah gaya kepemimpinan
Demokratis dan ada pengaruh yang signifikan gaya kepemimpinan dan pemberian motivasi kepala
sekolah terhadap semangat kerja guru di MAN 2 Jember yaitu sebesar 81,4%. Semakin demokratis
gaya kepemimpinan yang diterapkan dan semakin baik motivasi yang diberikan, maka semakin tinggi
semangat kerja guru. Untuk pengaruh yang dominan terhadap semangat kerja guru MAN 2 Jember
terdapat pada variabel gaya kepemimpinan.
Collections
- SRA-Education [1352]
