• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bunyi Menggunakan Metode Eksperimen dengan Media Lingkungan pada Siswa Kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jember

    Thumbnail
    View/Open
    HERLIN YULIANA.pdf (276.3Kb)
    Date
    2014
    Author
    Herlin Yuliana, Yuliana
    Nuriman
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA di sekolah dasar hendaknya dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses siswa. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPA di kelas menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas masih berlangsung satu arah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA masih pasif, hal ini dikarenakan keterbatasan media pembelajaran di sekolah sehingga menyebabkan  rendahnya keterampilan proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas IV sebagai subjek penelitiannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi menggunakan metode eksperimen dengan media lingkungan pada siswa kelas IV di SDN Sukowiryo 01. Pada siklus I, persentase keterampilan proses siswa secara klasikal sebesar 73,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 89,4% dengan kriteria sangat tinggi. Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 77,3 dengan kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen menggunakan media lingkungan dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi pada siswa kelas IV SDN Sukowiryo 01 Jelbuk Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63315
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository