dc.contributor.author | Hannaning Septiana Putri, Putri | |
dc.contributor.author | Hobri | |
dc.contributor.author | Nurcholif Diah Sri Lestari, Lestari | |
dc.date.accessioned | 2015-09-02T02:09:10Z | |
dc.date.available | 2015-09-02T02:09:10Z | |
dc.date.issued | 2014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63309 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas berpikir kritis siswa, dan hasil tes siswa. Berdasarkan analisis data, aktivitas guru dan aktivitas berpikir kritis siswa meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 72,06% dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar 80,31%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. | en_US |
dc.publisher | UNEJ | en_US |
dc.subject | kemampuan berpikir kritis | en_US |
dc.subject | pembelajaran berbasis inkuiri | en_US |
dc.title | PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014 | en_US |
dc.type | Article | en_US |