Show simple item record

dc.contributor.authorHannaning Septiana Putri, Putri
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorNurcholif Diah Sri Lestari, Lestari
dc.date.accessioned2015-09-02T02:09:10Z
dc.date.available2015-09-02T02:09:10Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63309
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada sub pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Pembelajaran ini menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru, aktivitas berpikir kritis siswa, dan hasil tes siswa. Berdasarkan analisis data,  aktivitas guru dan aktivitas berpikir kritis siswa meningkat dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir. Berdasarkan hasil tes akhir siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 72,06% dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II sebesar 80,31%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectkemampuan berpikir kritisen_US
dc.subjectpembelajaran berbasis inkuirien_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK SISWA KELAS VIII-7 SMP NEGERI 1 KREMBUNG SIDOARJO SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record