Show simple item record

dc.contributor.authorAffien Fitra Prayudi, Affien
dc.contributor.authorHari Satrijono, Hari
dc.contributor.authorKhutobah, Khutobah
dc.date.accessioned2015-09-01T02:45:57Z
dc.date.available2015-09-01T02:45:57Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63298
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui penerapan pendekatan komunikatif pada siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Setelah diterapkan pendekatan komunikatif, siswa diharapkan dapat mengomentari persoalan faktual dengan memperhatikan aspek kebahasaan serta aspek nonkebahasaan. Aspek kebahasaan yang dimaksud yaitu pemilihan kata, ketepatan ucapan, dan penggunaan kalimat. Aspek nonkebahasaan yaitu kelancaran, keberanian, kenyaringan, dan gerak-gerik atau mimik. Pada siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak 53,1% dan meningkat menjadi 83,8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpendekatan komunikatifen_US
dc.subjectkemampuan berbicaraen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelasen_US
dc.titlePenerapan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record