dc.description.abstract | Abstrak
Penelitian ini membahas tentang hubungan kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik. Kinerja tutor mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya kinerja tutor yang baik di harapkan dapat meningkatkan partisipasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan prestasi belajar. Sanggar kegiatan belajar Bondowoso merupakan salah satu lembaga pendidikan sebagai tempat untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik serta memiliki beberapa tutor dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik. Permasalah yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah hubungan kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik program kejar paket c kelas xii di sanggar kegiatan belajar Bondowoso. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja tutor dengan partisipasi peserta didik.. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penentuan responden menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode metode angket, observasi, dan metode dokumentasi dengan N=26. Analisis data dengan menggunakan korelasi dengan menggunakan bantuan software SPSS seri 16. Hasil perhitungan memperlihatkan bahwa dari 26 responden, terdapat besar kontribusi yang berbeda-beda. Hasil dari perhitungan diperoleh korelasi keterampilan dengan kesiapan memiliki korelasi sebesar 0,622, sedangkan korelasi keterampilan dengan minat memiliki korelasi sebesar 0,796, untuk korelasi pengetahuan dengan kesiapan memiliki korelasi sebesar 0,907, korelasi metode bermain dengan percaya diri memiliki nilai 0,910, sedangkan korelasi penegtahuan dan minat adalah sebesar 0,629 dan korelasi antara kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik adalah sebesar 0,754. Diketahui bahwa adanya kontribusi menyatakan Hipotesis kerja (Ha) diterima yaitu ada hubungan kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik program kejar paket c di Sanggar Kegiatan Belajar Bondowoso tahun 2014. | en_US |