DESAIN KURIKULUM MUATAN LOKAL SEBAGAI UPAYA KONSERVASI PENGETAHUAN ETNOBOTANI SUKU OSING DI KABUPATEN BANYUWANGI
View/ Open
Date
2015-08-28Author
Muhammad Sulthon
Iis Nur Asyiah
Sulifah Aprilya, H
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian dengan judul ”Desain Kurikulum Muatan Lokal sebagai Upaya Konservasi Pengetahuan Etnobotani Suku Osing di Kabupaten Banyuwangi” dilakukan dengan tujuan jangka panjang implementasi desain materi kurikulum muatan lokal pengetahuan etnobotani suku Osing pada tingkat Sekolah Menengah Atas di Banyuwangi sehingga bisa melestarikan pengetahuan etnobotani yang dimiliki oleh suku Osing. Pada tahun kedua dilakukan uji coba desain materi kurikulum muatan lokal skala luas di 2 sekolah tingkat SLTA. Hasil uji coba skala luas digunakan sebagai bahan rekomendasi kurikulum tingkat kabupaten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata validasi oleh seluruh validator mencapai di atas 75% dan nilai ini termasuk kategori sangat valid. Artinya modul siap dimanfaatkan untuk pembelajaran sebenarnya., 2) Hasil uji keterbacaan keterbacaan modul oleh siswa secara keseluruhan berada pada kategori setuju artinya siswa memahami materi, memahami bahasa yang digunakan pada modul dan tertarik dengan tampilan modul, 3) Hasil uji keterbacaan menggunakan Cloze Test Procedure kepada siswa menunjukkan bahwa peserta tes termasuk dalam kategori pembaca independent atau pembaca bebas sehingga produk dapat langsung digunakan, 4) Hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan modul, dan 5) Hasil analisis angket respon siswa secara umum memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang artinya siswa sudah dapat memahami bahan ajar yang dikembangkan.
Kata kunci : etnobotani, kurikulum, muatan lokal, Using, Banyuwangi
Collections
- LRR-Hibah Fundamental [144]