Show simple item record

dc.contributor.authorFitria Handayani, Handayani
dc.contributor.authorTitik Sugiarti, Sugiarti
dc.contributor.authorNanik Yuliati, Yuliati
dc.date.accessioned2015-08-28T08:44:24Z
dc.date.available2015-08-28T08:44:24Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63240
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Dabasah 1 Bondowoso dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi bangun datar sederhana dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele pada siswa kelas II. Permasalahan yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran masih bersifat konvensional, media atau alat peraga jarang digunakan, pembelajaran tidak dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, serta aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika masih rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 35 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hieke selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Dabasah 1 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas siswa yaitu sebesar 61,07% dan pada siklus 2 mencapai 70,12%. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9,05%. Pada siklus 1, skor rata-rata hasil belajar yaitu sebesar 77 dan pada siklus 2 mencapai 81. skor rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4. Berdasarkan penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa dengan penerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hiele pada pembelajaran matematika materi bangun datar sederhana dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Dabasah 1 Bondowoso.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectpenerapan fase-fase pembelajaran geometri berdasarkan teori Van Hieleen_US
dc.subjectaktivitas siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Fase-fase Pembelajaran Geometri Berdasarkan Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas II SDN Dabasah 1 Bondowosoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record