| dc.description.abstract | Tujuan dari model pembelajaran CORE ( Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending) adalah untuk meningkatkan
motivasi,  dan  siswa  harus  mampu  membangun  pengetahuan  mereka  sendiri.  Hal  tersebut  baik  untuk  implementasi
pembelajaran matematika karena akan membangun pembelajaran mandiri. Pembelajaran tersebut dapat memotivasi siswa
untuk  menemukan  konsep  matematika  yang  dibangun  oleh  mereka  sendiri,  serta  untuk  membentuk  karakter  teliti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika sub pokok
bahasan persegi panjang dan persegi. Model pengembangan penelitian ini mengacu pada model 4D Thiagarajan yang
mempunyai 4 langkah yaitu mendefinisikan, desain, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Produk dari penelitian ini
adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Siswa, dan Tes Hasil Belajar (THB).
Berdasarkan  proses  validasi  dan  uji  coba  materi  pembelajaran,  dapat  disimpulkan  bahwa  materi  pembelajaran  telah
memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. | en_US |