• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KOMPUTER

    Thumbnail
    View/Open
    DEWI MASYITOH.pdf (269.8Kb)
    Date
    2014
    Author
    Dewi Masyitoh, Dewi
    Rusdhianti Wuryaningrum, Rusdhianti
    Mujiman Rus Andianto, Mujiman
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peribahasa merupakan salah satu materi penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang berkaitan langsung dengan pengembangan karakter siswa. Setiap peribahasa mengandung nilai moral di dalamnya. Peribahasa akan mudah dipahami bila digunakan dalam konteks yang tepat, namun pembelajaran peribahasa di sekolah tidak maksimal karena tidak semua guru mampu memberikan contoh penggunaan peribahasa sesuai dengan konteksnya. Oleh karena itu, penggunaan media komik berbasis komputer pada maetri peribahasa penting dilakukan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan dan menerapkan media komik peribahasa berbasis komputer yang memiliki kualitas baik dan efektifitas yang baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan dengan rancangan kuantitatif-deskriptif.Penelitian ini berorientasi pada penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media komik berbasis komputer. Desain dari penelitian ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3-D (define, design, dan develop). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data validasi logis, data validasi empiris, data observasi, dan data efektifitas. Nilai validasi logis sebesar 3,38 (valid secara logis), nilai validasi empiris adalah 4,08 (valid secara empiris) dan nilai efektifitas adalah 44% (cukup efektif). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media komik peribahasa berbasis komputer yang valid secara logis, valid secara empiris, dan cukup efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/63127
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository