dc.description.abstract | Matematika merupakan salah satu pelajaran eksak pada sekolah dasar. Matematika merupakan ilmu yang terorganisir secara sistematis, selain itu matematika juga dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bilangan dan kalkulasi. Oleh sebab itu matematika dianggap menjadi matapelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa. Selain Matematika merupakan matapelajaran yang identik dengan rumus dan angka. Sebab lain, proses pembelajaran yang kurang menarik karena guru masih belum menggunakan metode yang tepat sehingga siswa tidak terlibat aktif didalam pembelajaran dan menjadi bosan. Hal ini menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas VA SDN Tegalgede 01 Jember. Oleh karena itu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan siswa kelas V-A sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah bagaimana penerapan pendekatan CTL serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-A dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa secara klasikal sebesar 67,3% (aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 83,4% (sangat aktif). Skor hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus II sebesar 80,3 (sangat baik) meningkat dari sebelumnya 72,9 pada siklus I. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL dengan media benda konkrit dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswa kelas V-A SDN Tegalgede 01 Jember. | en_US |