dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Kesilir 05 Wuluhan Jember mata pelajaran Matematika dengan tujuan untuk
meningkatan kecepatan perkalian menggunakan teknik Jarimetika dalam pembelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan
di SDN Kesilir 05 Wuluhan terdapat permasalah bahwa kecepatan berhitung perkalian siswa rendah , yang diakibatkan
karena siswa masih cenderung lama dalam menghitung perkalian dan guru belum menggunakan teknik berhitung yang
lebih mempermudah pemahaman siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian terdiri atas 27 siswa, 8 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pengumpulan data penelitian menggunakan
metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitiaan dengan menggunakan teknik jarimetika ini
sebanyak dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri atas satu pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan
kecepatan perkalian siswa di kelas II SDN Kesilir 05 mengalami peningkatan. Aktifitas belajar klasikal pada siklus I
sebesar 70,1 % dan siklus II sebesar 84,5%. Rata-rata kecepatan perkalian pada siklus I memerlukan waktu selama 11,5
detik dan pada siklus II memerlukan waktu selama 10,1 detik. Berdasarkan data diatas, maka dapat disimpulakan bahwa
dengan menggunakan teknik jarimetika dalam pembelajaran matematika dapat meningkatan kecepatan perkalian siswa
kelas II semester 2 SDN Kesilir 05 kecamatan Wuluhan Jember tahun ajaran 2013-2014 | en_US |