dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mejoyolosari Jombang dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas V melalui penerapan strategi Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan karena terdapat permasalahan
bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa cukup rendah, salah satu penyebabnya yaitu penggunaan strategi belajar siswa yang
kurang inovatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua
siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN Mejoyolosari Jombang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mejoyolosari Jombang yang berjumlah 18 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa melalui penerapan strategi Snowball Throwing skor rata-rata aktivitas belajar siswa secara
klasikal meningkat menjadi 48,61 pada siklus I dan pada siklus II 66,67. Demikian juga dengan skor rata-rata hasil belajar
siswa secara klasikal meningkat menjadi 68,22 pada siklus I dan pada siklus II 75 | en_US |