dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso dengan tujuan untuk menerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami) kotak kartu misteri untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III dalam pembelajaran PKn tema harga diri . Permasalahan yang
menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini adalah model pembelajaran kurang inovatif, minimnya penggunaan
media pembelajaran, aktivitas siswa cenderung pasif karena hanya duduk, mendengar, dan mengerjakan soal, tidak berani
bertanya tentang materi yang kurang dimengerti dan hasil belajar siswa kelas III masih tergolong kurang baik. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 27 siswa. Pengumpulan data
penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team Achievement Division dengan media (Kokami)kotak kartu
misteri selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
III di SDN Pujerbaru 1 Bondowoso. Pada siklus 1, peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 68,88% dan siklus 2
mencapai 81,48%. Aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 12,60%. Persentase hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9,85%, yaitu dari 67,59% menjadi 77,44%. Berdasarkan
penjelasan di atas dapat simpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (STAD) Student Team
Achievement Divisiondengan media (Kokami)kotak kartu misteri dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
kelas III SDN Pujerbaru 1 Bondowoso. | en_US |