Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Jenis Kelamin
Abstract
Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan oleh manusia untuk meningkatkan taraf hidup ke arah yang lebih sempurna. Perguruan tinggi memiliki peran yang strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan tinggi. Peningkatan SDM tidak hanya diukur dari kuantitas semata melainkan dari kualitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dua variabel atau lebih antara variabel independen dan variabel dependen pada mahasiswa TA 2012-2013 jurusan akuntansi fakultas ekonomi Universitas Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Penelitian ini dibagi menjadi; tahap pra penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan keputusan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi TA 2012-2013 fakultas ekonomi Universitas Jember yaitu berjumlah 161 mahasiswa. Sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Cluster Random Sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 62 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Ada perbedaan tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa berdasarkan jenis kelaminnya.