Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013
View/
Date
2013Author
Fatimah, Fatimah
Bambang Suyadi, Bambang
Dra. Retna Ngesti Sedyati, Retna M.P
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian  tentang  pengaruh  kemampuan  penalaran  terhadap  hasil  belajar  akuntansi  dilandasi  oleh  pemikiran  bahwa
kemampuan penalaran memiliki  peranan yang sangat penting  bagi siswa untuk  meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari kemampuan penalaran terhadap hasil belajar
siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan
metode  random sampling  pada siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi.  Data diambil dengan menggunakan teknik
dokumentasi untuk meraih data tentang jumlah siswa kelas X Program Keahlian akuntansi, nama siswa, nilai tes penalaran
siswa, dan nilai ulangan siswa pada mata pelajaran akuntansi; observasi  untuk mengamati aktivitas siswa selama proses
pembelajaran untuk mendapatkan data tambahan tentang  kemampuan penalaran siswa  sebagai bahan pertimbangan dalam
penyusunan kesimpulan penelitian; serta wawancara yang  bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang hal-hal yang
berkaitan  dengan  kegiatan  pembelajaran  mata  pelajaran  akuntansi  dan  kemampuan  penalaran  siswa  kelas  X  Program
Keahlian akuntansi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial dengan menggunakan analisis
regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran berpengaruh signifikan terhadap hasil
belajar akuntansi. Dibuktikan dengan hasil olah data menggunakan uji F menghasilkan Fhitung  (173,287) dengan tingkat
signifikansi 0.000 dan koefisien determinasi (R square) sebesar 76,2% yang berarti bahwa variabel kemampuan penalaran
memberikan proporsi sumbangan sebesar 76,2% terhadap hasil belajar akuntansi.
Collections
- SRA-Education [1352]
