Show simple item record

dc.contributor.authorRayendra Wahyu Bachtiar
dc.date.accessioned2015-07-27T03:26:51Z
dc.date.available2015-07-27T03:26:51Z
dc.date.issued2015-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62957
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember Haris (085336003333)en_US
dc.description.abstractIndikator pembelajaran bermakna adalah mahasiswa mampu memecahkan masalah dengan cara sendiri. Cara mahasiswa memecahkan masalah sangat dipengaruhi oleh keterampilan proses sains mahasiswa. Salah satu cara mengetahui bagaimana mahasiswa belajar memecahkan masalah adalah dengan melihat bagaimana mahasiswa memetakan masalah, sehingga akan terlihat cara mahasiswa mengkonstruksi pengetahuannya untuk memecahkan masalah. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat mendesain dan melihat bagaimana mahasiswa bisa memecahkan masalah. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan model pembelajaran problem mapping concept (PMC) dan mengukur efektivitas model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa. Desain penelitian untuk pengembangan model pembelajaran PMC adalah metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Validasi isi dan konstruk kelayakan model pembelajaran PMC dilakukan olah ahli. Hasil validasi menunjukkan model pembelajaran PMC layak digunakan dalam pembelajaran. Dampak model pembelajaran PMC terhadap keterampilan proses sains mahasiswa dilihat dengan membandingkan hasil pretes dan postes keterampilan proses sains. Uji-t berpasangan sisi atas digunakan untuk menganalisis model belajar terhadap keterampilan proses sains. Hasil analisis data menunjukkan H1 diterima, yang artinya postes lebih besar daripada pretes. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PMC dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran problem mappinc concepten_US
dc.publisherFMIPA'14en_US
dc.relation.ispartofseriesPemula;215
dc.subjectketerampilan proses sainsen_US
dc.subjectmodel pembelajaran problem mappinc concepten_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM MAPPING CONCEPT PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINSen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record