| dc.description.abstract | Artikel ini diangkat dari penelitian yang berjudul pengaruh  faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk
belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 .  Penentuan
responden dalam penelitian ini menggunakan metode purposive  yaitu sebanyak  52 orang. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu metode angket,  dokumen, observasi, dan  wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah
metode analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda, efektifitas garis regresi, uji F, dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil
belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS MAN Lumajang tahun pelajaran 2012/2013 yaitu sebesar 77,6%.  Secara parsial
masing-masing variabel memberikan sumbangan sebesar 64,11% untuk variabel faktor internal dan 13,49% untuk variabel
faktor eksternal. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan
faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong siswa untuk belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI
IPS  MAN  Lumajang  dapat  terbukti.  Saran  yang  dapat  diberikan  pada  penelitian  ini  adalah  sebaiknya  siswa  lebih
meningkatkan faktor eksternal yaitu sebesar 13,49% dalam belajar akuntansi agar hasil belajar akuntansi yang dicapai siswa
kelas XI IPS MAN Lumajang lebih optimal sementara faktor internal sebesar 64,11% harus lebih dipertahankan. Faktorfaktor lainnya seperti bakat, intelegensi, dan motivasi juga harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa. | en_US |