Pengaruh Diversifikasi Produk dan Distributor Terhadap Volume Penjualan Souvenir (pada Industri Kerajinan Kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2012)
View/
Date
2013Author
Maya Eka Novitasari, Maya
Bambang Suyadi, Bambang
Titin Kartini, Titin
Metadata
Show full item recordAbstract
Diversifikasi  produk  dan  distributor  merupakan  faktor  penting  dalam  penunjang  perkembangan  suatu  usaha.  Dengan
pelaksanaan diversifikasi produk dan distributor tersebut dapat meningkatkan volume penjualan sehingga selalu dilakukan
oleh pemilik industri kerajinan kerang di Panarukan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pengaruh yang signifikan
dari diversifikasi produk dan distributor terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan
Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan  purposive area. Penentuan
responden dalam penelitian ini menggunakan metode  populasi yaitu sebanyak 52 pemilik industri kerajinan kerang di
Kecamatan  Panarukan.  Metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  terdiri  dari  angket,  wawancara,  dokumentasi,  dan
observasi. Tehnik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang
digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan analisis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, dan uji
t.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  diversifikasi  produk  dan  distributor  berpengaruh  signifikan  terhadap  volume
penjualan, yaitu sebesar 70,8% dan variabel diversifikasi produk memiliki pengaruh yang dominan sebesar 41,7%
Collections
- SRA-Education [1352]
