dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian di bidang ilmu dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XF pada tahun akademi 2012/2013. Metode pengumpulan data yang
digunakan terdiri dari: observasi, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisa dari data yang digunakan adalah suatu analisa
pada hasil karangan siswa berupa wacana argumentasi. Hasil analisis belajar setelah diterapkan metode SMART pada siswa
kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 0 siswa
dengan persentase ketidak tuntasan 100%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan
presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai
≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%. Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai
88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SMART dapat meningkatkan kemampuan
menulis wacana argumentasi pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo. | en_US |