Show simple item record

dc.contributor.authorZuhriyati
dc.contributor.authorIndrawati
dc.contributor.authorSubiki
dc.date.accessioned2015-06-24T01:59:01Z
dc.date.available2015-06-24T01:59:01Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62713
dc.description.abstractPenelitian ini berfokus pada penerapan model inquiry dengan teknik mind mapping dalam pembelajaran IPA-Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk; 1). mengkaji perbedaan antara kemampuan kognitif produk siswa dengan model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping; 2). mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran model inquiry dengan teknik mind mapping; dan 3). mengkaji perbedaan antara motivasi belajar siswa dengan model inquiry dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Paiton semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah: wawancara, dokumentasi, observasi, test, dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan uji t dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil analisis uji t menggunakan independent sample t-test pada skor kemampuan kognitif produk dan motivasi belajar siswa berturut-turut didapatkan signifikansi 0,002 (0,002 Object 2 0,05) dan 0,005 (0,005 Object 4 0,05). Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Object 6 ditolak. Selain itu, hasil análisis keterampilan proses sains didapatkan nilai 85,41% (75% ≤ 85,41 ≤ 100%) sehingga tergolong baik. Kesimpulan penelitian ini adalah; 1). Ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif produk IPA-Fisika siswa dengan menggunakan model inqury dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping; 2). Persentase keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs selama mengikuti pembelajaran IPA-Fisika menggunakan model inquiry dengan teknik mind mapping termasuk dalam kategori baik; dan 3). Ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan menggunakan model inqury dengan teknik mind mapping dan dengan tanpa teknik mind mapping.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectmodel inquiryen_US
dc.subjectteknik mind mappingen_US
dc.subjectkemampuan kognitif produken_US
dc.subjectketerampilan proses sainsen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL INQUIRY DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA-FISIKA DI MTsen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record