Show simple item record

dc.contributor.authorDina Maharani, Ony
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorZahroul Fitriyah, Chumi
dc.date.accessioned2015-06-24T01:58:15Z
dc.date.available2015-06-24T01:58:15Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62709
dc.description.abstractPenelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran IPS materi pokok bahasan masalah sosial yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di SDN Pangkemiri II Sidoarjo yakni guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga kesempatan untuk siswa terlibat aktif dalam pembelajaran kurang. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas IV SDN Pangkemiri II Sidoarjo yang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilakukan oleh peneliti sendiri. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dengan Metode Role Playing, guru mengajak siswa bermain peran dengan menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas, sehingga siswa dapat merasakan secara langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat menyelesaikan masalah sosial yang terjadi.. Jadi, Metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.relation.ispartofseriesARTIKEL ILMIAH MAHASISWA;
dc.subjectMetode Role Playingen_US
dc.subjectmotivasi siswaen_US
dc.subjecthasil belajar siswaen_US
dc.titlePenerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pembelajaran IPS Materi Pokok Masalah Sosial di SDN Pangkemiri II Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record