dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini secara umum untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui tindakan
berupa pendekatan dan metode pembelajaran. Secara kusus penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan
menulis karangan narasi sugestif melalui penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and picture. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Blimbing Situbondo tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah 19 siswa. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus mencakup
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi
dan tes. Dalam penelitian ini, siswa diajak aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan PAKEM dengan menggunakan metode picture and
picture meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, hasil belajar siswa mencapai 68,42% dan meningkat pada siklus
II menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan PAKEM dengan
menggunakan metode picture and picture terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas
IV SDN 2 Blimbing Situbondo. | en_US |