dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Ajung 01 Ajung-Jember dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen tipe pre-test post-test control group design dengan subjek penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu kelas III A dan kelas
III B dengan masing-masing kelas berjumlah 38 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes berupa tes
objektif. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media lingkungan dilaksanakan di kelas III A yang bertindak sebagai
kelas eksperimen dan kelas III B bertindak sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan. Sebelum
melaksanakan pembelajaran, dilakukan pre-test di kedua kelas tersebut yang hasilnya digunakan untuk uji homogenitas. Pada
kelas eksperimen diperoleh p-value (sig.) 0.100 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan
siswa kelas eksperimen adalah homogen. Pada kelas kontrol diperoleh p-value (sig.) 0.433 artinya p-value > 0.05 berarti
hipotesis nihil diterima, artinya kemampuan siswa kelas kontrol adalah homogen. Setelah proses pembelajaran, dilakukan
post-test di kedua kelas untuk mengetahui hasil belajar siswa yang kemudian dilakukan Uji t. Pada kelas eksperimen dengan
menggunakan media lingkungan mempunyai rata-rata nilai sebesar 76,53 sedangkan di kelas kontrol tanpa menggunakan
media lingkungan mempunyai nilai rata-rata lebih rendah yaitu sebesar 67,26. Dari hasil uji statistik dapat disimpulkan
bahwa ada perbedaan yang bermakna antara nilai siswa dengan menggunakan media lingkungan dibandingkan dengan nilai
siswa tanpa menggunkan media lingkungan (nilai-p = 0.009). Berdasarkan data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh penggunaan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran IPA di SDN Ajung 01 AjungJember tahun pelajaran 2013/2014. | en_US |