dc.description.abstract | Salah satu alternative model pembelajaran yang inovatif adalah Problem Based Learning (PBL). Kelebihan dari dapat
melatih kemandirian siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh
penerapan model Problem Based Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto, Sidoarjo. Desain
dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental pola pre-test post-test control group design. Tempat penelitian
ditentukan menggunakan metode purposive sampling areayaitu di SDN Sidokerto Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo.
Subjek yang diambil yaitu seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 44 siswa dari kelas IVA dan 42 siswa dari kelas IVB.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sebelum menentukan kelas
eksperimen dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas berdasarkan nilai pre-testpokok bahasan sumber daya alam. Hasil
perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga t0=0,871, sedangkan nilai ttabel dengan db=84 adalah 1,99, sehingga t0<t
tabel. Selanjutnya, kelas IVA ditentukan sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara
random. Hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dengan hasil uji-t =3,647, sedangkan nilai t tabel dengan db=84 adalah 1,99,
sehingga t hitung>t tabel . Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based
Learning(PBL) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Sidokerto Kabupaten Sidoarjo pokok bahasan sumber daya
alam pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan t hitung = 3,647. | en_US |