dc.description.abstract | Penelitian ini mendeskripsikan proses belajar mengajar yang menggunakan Teknik Mind Mapping pada pokok bahasan
Sistem Pemerintahan Tingkat Pusat yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah
yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran PKn di SDN 05 Genteng Banyuwangi yakni siswa kurang terlibat aktif
dalam pembelajaran. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas 4 SDN 05 Genteng Banyuwangi yang terdiri dari 20 siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas, tindakan pengajaran dan pembelajaran dilakukan
oleh peneliti yang bertindak sebagai guru. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data
dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Dengan Teknik Mind Mapping, murid
melakukan pencatatan materi yang mereka pelajari dengan kreativitas mereka sendiri, sehingga pembelajaran PKn yang
identik dengan hafalan menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa. Jadi, Teknik Mind Mapping dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |