dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Lor 02 dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas
IV-B melalui metode discovery. Hal ini dikarenakan di SDN Jember Lor 02 aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah,
salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian
terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.
Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan metode discovery ini sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga kali
pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas IV-B SDN Jember Lor 02 mengalami peningkatan. aktivitas pada siklus I sebesar 65,5% serta peningkatan pada siklus
II sebanyak 13,25% menjadi 78,75%. Pada siklus I presentase hasil belajar siswa sebesar 70,3% dan hasil belajar siswa pada
siklus II sebesar 97,3% sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 27%. Berdasarkan data di
atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode discoverydapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di kelas IVB SDN Jember lor 02. | en_US |