dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat dan penyebab miskonsepsi tentang fotosintesis pada siswa kelas V.
Berdasarkan dokumen ulangan harian siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013, ditemukan adanya miskonsepsi konsep
pengertian fotosintesis pada sembilan dari sebelas siswa dengan persentase 82% Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4
Trebungan Situbondo. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek penelitian terdiri atas 13 siswa. Pengumpulan data
penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu
pembelajaran konsep fotosintesis, pelaksanaan tes diagnostik, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep hasil fotosintesis dengan persentase 62%, sedangkan persentase miskonsepsi
terendah ditemukan pada konsep tempat terjadinya fotosintesis dan penerapan fotosintesis dengan persentase 15%. Penyebab
miskonsepsi bersumber dari siswa 62%, guru dan siswa 23%, guru 15%, serta buku 7%. Berdasarkan data di atas maka dapat
disimpulkan bahwa ditemukan adanya miskonsepsi tentang fotosintesis pada siswa kelas V SDN 4 Trebungan tahun pelajaran
2013/2014. | en_US |