Show simple item record

dc.contributor.authorFitriya S
dc.contributor.authorDrs. Albertus Djoko Lesmono, . Albertus M.Si,
dc.contributor.authorSri Wahyuni, Sri S. Pd., M. Pd.
dc.date.accessioned2015-05-07T04:06:01Z
dc.date.available2015-05-07T04:06:01Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/62455
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum yang memiliki validitas yang baik, mengetahui kinerja praktikum siswa dan motivasi belajar siswa setelah menggunakan petunjuk praktikum fisika yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan petunjuk praktikum fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Metode perolehan data yang digunakan adalah validasi logic, observasi, dan angket. Data hasil validasi logic yang diperoleh yaitu penilaian petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual sebesar 2,78 sehingga dapat dikategorikan baik dan layak digunakan untuk uji coba pengembangan. Berdasarkan hasil uji coba pengembangan diperoleh bahwa kinerja praktikum siswa dengan menggunakan buku petunjuk praktikum fisika berbasis laboratorium virtual, baik pada aspek kemampuan mengamati dan mencatat hasil praktikum maupun dari aspek kemampuan menginterpretasi hasil dan merumuskan kesimpulan dinyatakan baik. Motivasi belajar siswa secara classicalsebesar 92.45% sehingga siswa tergolong sangat termotivasi selama praktikum.en_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPetunjuk praktikum,en_US
dc.subjectlaboratorium virtual,en_US
dc.subjectkinerja praktikumen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory)Pada Pembelajaran Fisika Di SMP/MTsen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record