SISTEM INFORMASI PENUNJANG KEPUTUSAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN REKLAME INSIDENTIL MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)
Abstract
Reklame merupakan sebuah media publikasi digunakan sebagai media promosi
kepada publik yang sangat efisien untuk memberikan informasi terkait suatu produk
atau event. Berdasarkan perizinan penyelenggaraannya reklame di kabupaten Jember
dibagi menjadi dua, yakni reklame tetap dan reklame insidentil. Kerapnya ditemukan
permasalahan dalam penyelenggaraan reklame insidentil mengenai penempatan
reklame insidentil yang dilakukan secara sembarangan tanpa memperhatikan nilai
efiensi dan nilai estetika keindahan lingkungan, membuat peneliti lebih memfokuskan
penelitian ini pada reklame insidentil.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem informasi penunjang
keputusan yang mampu memberikan rekomendasi letak penyelenggaraan reklame
insidentil kepada pihak-pihak yang ingin menyelenggarakan reklame insidentil.
Rekomendasi letak penyelenggaraan reklame insidentil nanti dipertimbangkan
berdasarkan beberapa kriteria guna mendukung nilai efisiensi promosi materi yg ada
dalam reklame insidentil tersebut.
Metode penelitan yang digunakan untuk melakukan penelitian ini meliputi jenis
penelitian, objek penelitian, dan tahapan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif. Objek yang diteliti adalah reklame insidentil yang berada
di kota jember dalam daftar kelas kalan satu. Penelitian ini akan dilakukan dalam
beberapa tahap diantaranya tahap pengumpulan data, tahap analisis dan tahap
perancangan sistem.
Perancangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah perancangan
model waterfall. Model waterfall adalah model yang sederhana dengan aliran sistem
viii
yang linier. Tahapan dalam perancangan model waterfall yaitu analisa kebutuhan,
desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, penerapan program dan
maintenance.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penunjang keputusan pencarian
lokasi terbaik penyelenggaraan reklame insidentil yang memiliki fitur utama mencari
dan merekomendasikan letak lokasi terbaik penyelenggaraan reklame insidentil.
Sistem ini juga memiliki beberapa fitur pendukung yaitu fitur autentifikasi (login dan
logout sistem), register, memberikan informasi semua titik letak penyelenggaraan
reklame insidentil, pendaftaran permohonan penyelenggaraan reklame insidentil,
mencetak blangko pendaftaran, manajemen pendaftaran, manajemen user, dan
manajemen lokasi alternatif.
Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah Sistem
Informasi Penunjang Keputusan yang dapat memberikan rekomendasi titik lokasi
penyelenggaraan reklame insidentil dalam bentuk peta jika digabungkan dengan
Google Maps.