dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Patrang 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatakan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS). Hal ini dikarenakan di SDN Patrang 01 Jember aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah salah satunya diakibatkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subyek penelitian terdiri dari 37 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Pelaksanaan penelitian melalui metode TPS ini sebanyak dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Patrang 01 Jember mengalami peningkatan. Aktivitas pada siklus I sebesar 37,8% serta peningkatan pada siklus II sebanyak 24,3% menjadi 62,1%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 61,16 dan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 71,35 sehingga dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 10,19. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Patrang 01 Jember. | en_US |