• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran Temtik Berorientsi Life Skills untuk Kelas Permulaan Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Arju Muti`ah_hb_dipa_05.pdf (31.81Kb)
    Date
    2015-01
    Author
    Arju Muti`ah
    Suhartiningsih
    Arief Rijadi
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas permulaan sekolah dasar (SD) yang disebabkan minimnya acuan untuk guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Di sisi lain, pada umumnya guru mengalami kesulitan di dalam merancang pembelajaran tematik karena pembelajaran tematik lebih kompleks dibandingkan dengan pembelajaran bidang studi secara terpisah. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh model pembelajaran tematik berorientasi life skills yang dituangkan dalam bentuk perangkat pembelajaran tematik kelas 1 SD yang pada tahun berikutnya diujicobakan di sekolah dan digunakan sebagai acuan pengembangan buku ajar. Perangkat pembelajaran dan buku ajar tersebut dimaksudkan untuk mengoptimalkan praktik pembelajaran tematik sebagaimana digariskan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Praktik pembelajaran tematik berorientasi life skills memungkinkan peserta didik berlatih memahami, menganalisis, menghadapi, dan menyelesaikan masalah di lingkungannya sebagai dasar bagi berkembangnya keterampilan kecakapan hidup pada masa-masa selanjutnya. Rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan yang berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, kajian teori dan analisis kebutuhan. Kedua, perumusan model pembelajaran sesuai dengan hasil analisis kebutuhan. Ketiga, uji coba perangkat. Pada tahun pertama ini telah dilakukan analisis dokumen dan dihasilkan draf perangkat pembelajaran tematik berorientasi life skills yang meliputi silabus dan RPP. Implementasi konsep life skills dituangkan dalam indikator hasil belajar, materi ajar, strategi pembelajaran dan penilaian yang memuat aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Silabus dan RPP yang dihasilkan terbagi atas 8 unit tema, empat tema untuk semester ganjil, yaitu Diriku, Kegiatanku, Kegemaranku, serta Keluargaku dan empat tema untuk semester genap, yakni Pengalamanku, Lingkungan Sehat dan Asri, Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitar, serta Peristiwa Alam. Butir-butir materi memuat aspek konsep, prinsip, fakta, proses, nilai dan keterampilan. Keberagaman aspek materi mencakup beragam karakter positif yang sesuai dengan paradigma life skills. Strategi pembelajaran tematik diwujudkan dalam kegiatan yang berfokus pada pembentukan tiga ranah kompetensi, yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut tercermin ke dalam kegiatan-kegiatan siswa yang mengarah pada pembentukan kecakapan hidup dalam berbagai segi. Strategi yang digunakan dilandasi pendekatan saintifik (Scientific Approach) serta model pembelajaran kooperatif dan kontekstual. Penilaian pembelajaran dilaksanakan secara terintegrasi melalui identifikasi penilaian mata pelajaran. Pemaduan penilaian ini menghasilkan formasi penilaian yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61250
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository