dc.contributor.author | Bambang Sri, K | |
dc.date.accessioned | 2015-02-02T04:48:44Z | |
dc.date.available | 2015-02-02T04:48:44Z | |
dc.date.issued | 2014-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/61197 | |
dc.description | Info lebih lanjut hub:
Lembaga Penelitian Universitas Jember
Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Daya dan energi baterai memegang peranan yang sangat penting pada mobil listrik karena kendaraan jenis ini menggantungkan sumber energi hanya dari baterai. Kondisi ini semakin kompleks ketika mobil listrik dijalan raya dengan kondisi lalulintas yang padat, sehingga mobil listrik seringkali bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan. Dengan kecepatan mobil yang seringkali berubah-ubah maka motor listrik sebagai penggerak mobil listrik akan semakin membutuhkan banyak energi listrik untuk menstarting motor. Bila keadaan ini tidak segera diatasi maka baterai akan segera habis energinya. Hal ini akan membuat keadaan yang tidak nyaman bagi pemakai mobil listrik. Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut biasanya disediakan baterai cadangan atau dengan sistem hibrid.
Target khusus dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan mengembangkan model pemetaan kapasitas energi baterai timbal asam berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligent) pada mobil listrik. Kapasitas energi baterai timbal asam dipetakan dari model elektrokimia menjadi model dengan menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan (Neural Network). Dengan menggunakan metode Radial Basis Funtion maka kapasitas energi baterai yang digunakan oleh mobil listrik dapat segera diketahui, sehingga pengguna dapat mengantisipasi kapan baterai akan kehabisan energinya. Dengan demikian maka kekhawatiran akan pemakaian mobil listrik yang tiba-tiba kehabisan energi listrik diperjalanan dapat diantisipasi.
Untuk menganalisis kapasitas energi suatu baterai berbasis kecerdasan buatan pada mobil listrik maka diperlukan suatu model. Model diperlukan untuk mengetahui karakteristik respon ampere jam (Ah) terhadap perubahan beban. Ada tiga bagian dari model yaitu: tegangan baterai, ampere jam baterai dan energi baterai.
Penelitian ini diawali dengan membuat pemodelan dan simulasi menggunakan Matlab/Simulink yang diimplementasikan pada eksperimen skala laboratorium dengan menggunakan seperangkat Pengemudian Elektrik Set dengan beban sebagai representasi dari mobil listrik. Beban disimulasikan dengan kondisi umum dijalan raya meliputi starting, kecepatan konstan, turunan dan pengereman. Energi listrik disuplai dari baterai timbal asam sebagai sumber energi utama. | en_US |
dc.publisher | Fak. Teknik'13 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | hibah doktor;57 | |
dc.subject | Kapasitas baterai | en_US |
dc.subject | mobil listrik | en_US |
dc.subject | pemetaan | en_US |
dc.subject | radial basis function | en_US |
dc.subject | baterai timbal asam | en_US |
dc.title | PEMETAAN KAPASITAS BATERAI TIMBAL ASAM PADA MOBIL LISTRIK DENGAN MODEL RADIAL BASIS FUNCTION | en_US |