• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BUKU PAKET MATEMATIKA SLTP KELAS 2 BERDASARKAN KRITERIA BELL

    Thumbnail
    View/Open
    Abdul Hamid.pdf (2.370Mb)
    Date
    2015-01-06
    Author
    Abdul Hamid
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku paket mempunyai fungsi yang strategis dan penting dalam upaya meningkatkan pemerataan kesempatan dalam pendidikan serta meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran. Fungsi yang strategis dan penting itu terutama untuk siswa, guru, kurikulum, dan pembelajaran. Namun demikian, dalam buku paket masih ditemukan adanya beberapa kesalahan. Kesalahan kesalahan yang terdapat dalam buku tersebut, yaitu kesalahan konsep, kalimat kurang jelas, ilustrasi atau gambar yang kurang menarik kurang jelas, urutan penyajian materi yang tidak tepat, ketidak sesuaian pokok bahasan/sub pokok bahasan dengan kurikulum, dan kesalahan pengetikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah materi, metode penyampaian materi, tampilan fisik, dan petunjuk untuk guru pada buku paket menurut kriteria Bell? Tujuannya adalah untuk mengetahui materi, metode penyampaian materi, tampilan' fisik, dan petunjuk untuk guru pada buku paket menurut kriteria Bell Untuk memecahkan permasalahan dan mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data utama, yaitu materi, metode penyampaian materi, tampilan fisik, dan petunjuk untuk guru dalam buku paket menurut kriteria Bell. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data penunjang, yaitu pendapat pendapat guru tentang buku paket. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Dari hasil analisis dan pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa buku paket sebagian besar sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan tentang materi, metode penyampaian materi, dan tampilan fisik menurut kriteria Bell. Selain itu, buku paket tidak sesuai dengan sebagian besar pertanyaan-pertanyaan petunjuk untuk guru menurut kriteria Bell. Oleh karena itu, berdasar basil penelitian ini penulis memberikan saran utamanya kepada guru, hendaknya membaca dan menelaah dengan cermat dan hati-hati sebelun menggunakan buku teks dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60857
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3425]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository